Selasa, 13 September 2011

Sistem Pakar - Pertemuan 1

Tugas Sistem Pakar
Konsep dasar dan heuristic search
  • Konsep Dasar
    • Membuat SW Expert System -> Program sebagai penasehat/konsultan pakar
    • dapat mengumpulkan dan menyimpan pengetahuan seseorang/beberapa pakar ke dalam komputer untuk penggunaan di masa depan
    • Tidak untuk menggantikan kedudukan seseorang pakar tetapi untuk membagi pengetahuan pakar tersebut
    • meningkatkan produktivitas dan memperbaiki kualitas keputusan
    • terdiri dari 3 bagian:
      • user interface
      • inference engine
      • knowledge base
    • knowledge base berisi fakta-fakta yang sudah dikumpulkan beserta relasinya, salah satu metode representasi pengetahuan yang berisi fakta-fakta ini dapat berupa IF...THEN....
    • Inference engin merupakan alat/engine yang bertugas untuk menganalisi pengetahuan dan menarik kesimpulan berdasarkan knowledge base melalui penalaran
  • Keuntungan menggunakan Sistem pakar
    • Availability bertambah, 24/7, berbeda dengan para pakar yang hanya dalm waktu tertentu
    • cost rendah, namun relatif pada tingkat seberapa rumit sistem pakar yang dibangun
    • danger reduce
    • performance
    • fast respone
    • steady, dan unemotional(tidak bisa lelah seperti manusia yang terbatas secara fisik)
  • Penggunaan sistem pakar
    • sistem pakar sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang pengetahuan, dibawah ini adalah beberapa sistem pakar yang terkenal:
    1. MYCIN, oleh Edward Feigenbaum(Stanford University), sistem pakar dalam bidang medis untuk mendeteksi infeksi bakteri dan rekomendasi pengobatan antibiotik
    2. DENDRAL, sistem pakar untuk prenelitian molekular dan kimiawi
    3. PROSPECTOR, oleh Sheffield Research Institute, sistem pakar di bidang geologi untuk mencari dan menemukan biji deposit(mineral dan dan bebatuan)
    4. XCON(R1), dikembangkan Digital Equipment Corporation dan Carnegie Mellon University, sistem pakar untuk konfigurasi komputer
    5. DELTA,  didesain dan dikembangkan oleh General Electric Company, merupakan sistem pakar maintenance dengan mesin lokomatif listrik diesel

  • Heuristic Search 
Teknik pencarian heuristik (heuristic searching) merupakan suatu strategi untuk melakukan proses pencarian ruang keadaan (state space) suatu problema secara selektif, yang memandu proses pencarian yang kita lakukan di sepanjang jalur yang memiliki kemungkinan sukses paling besar, dan mengesampingkan usaha yang bodoh dan memboroskan. Heuristik adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian,namum dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness).

Jenis heuristic search:
Generate and Test.
Hill Climbing.
Best First Search.
Alpha Beta Prunning.
Means-End-Anlysis.
Constraint Satisfaction


HILL CLIMBING
·Hill climbing (mendaki bukit) merupakan salah satu variasi metode buat dan uji (generate and test) dimana umpan balik yang berasal dari prosedur uji digunakan untuk memutuskan arah gerak dalam ruang pencarian
·Dalam prosedur buat dan uji yang murni, respon fungsi uji hanyalah ya atau tidak.
·Dalam prosedur Hill Climbing, fungsi uji dikombinasikan dengan fungsi heuristik yang menyediakan pengukuran kedekatan suatu keadaan yang diberikan dengan tujuan (goal).

Prosedur Hill Climbing :
1. Buatlah solusi usulan pertama dengan cara yang sama seperti yang dilakukan dalam prosedur
buat dan uji (generate and test). Periksalah apakah solusi usulan itu merupakan sebuah solusi. Jika ya, berhentilah. Jika tidak, kita lanjutkan ke langkah berikutnya.
2.Dari solusi ini, terapkan sejumlah aturan yang dapat diterapkan untuk membuat sekumpulan solusi usulan yang baru.
3.Untuk setiap elemen kumpulan solusi tersebut,
lakukanlah hal-hal berikut ini :
-Kirimkanlah elemen ini ke fungsi uji. Jika elemen ini merupakan sebuah solusi,berhentilah.
-Jika tidak, periksalah apakah elemen ini merupakan yang terdekat dengan solusi yang telah diuji sejauh ini. Jika tidak, buanglah.
4.Ambilah elemen terbaik yang ditemukan di atas dan pakailah sebagai solusi usulan berikutnya. Langkah ini bersesuaian dengan langkah dalam ruang problema dengan arah yang muncul sebagai yang tercepat dalam mencapai tujuan.
5.Kembalilah ke langkah 2.

0 komentar:

Posting Komentar